Design By Dotcomwebdesign.com Powered By CMSimple
Batik Pekalongan Rumah Kayla > Indahnya Berbagi > Penipuan Pembelian Batik

Penipuan Pembelian Batik


Sebenarnya Masalah tentang Penipuan Pembelian Batik ini tidak ingin kami sharing,karena hal ini hanya akan menambah energi negatif saja dalam otak kita (itu yang didapatkan kami ketika mengikuti sebuah acara pelatihan). namun mengingat banyak juga Customer baru kami yang baru mencoba untuk menjadi grosir penjual batik,maka kami merasa perlu untuk membagi pengalaman kami ini, dan bagaimana modus penipuannya :

1. Penipuan Pembelian Batik Grosiran Kapasitas banyak

Sebagai Produsen batik, customer kami tidak terbatas hanya dipulau jawa saja, malah hampir 40% Distributor kami berasal dari luar jawa dan beberapa berasal dari luar negeri.Mayoritas transaksi yang dilakukan biasanya via telepon atau email.

kami menyadari bahwa dalam semua bidang usaha tentunya mempunyai resiko bisnis sendiri-sendiri. tanpa pernah bertatap muka transaksi dilakukan. sayangnya ada beberapa oknum pembeli yang memanfaatkan kelemahan kita sebagai penjual.
biasanya dalam transaksi pertama dan kedua semua berjalan lancar,namun dalam transaksi berikutnya pembayaran mulai tersendat dan akhirnya tidak dibayarkan sama sekali. padahal alamat dan no telepon jelas,beberapa kali kami cek ternyata tempat tersebut adalah tempat kost ataupun rumah kontrak, dihubungipun telepon sudah tidak aktif.

biasanya penipuan itu dilakukan dengan jumlah transaksi yang relatif besar,karena setiap harinya kami harus menyiapkan banyak pengiriman maka untuk transaksi besar biasanya kami prioritaskan pada malam hari ( biasanya perusahaan Ekpedisi/pengiriman mengangkut paket pada waktu malam hari ) tentunya untuk mengkonfirmasi pengiriman ke pihak pembeli kami biasanya membatasi sampai jam 19.00 WIB mengingat lebih dari jam tersebut orang-orang umumnya sudah ingin beristirahat.

Mungkin anda bertanya mengapa kami mengirimkan barang tapi pembayaran dari pihak pembeli belum dilakukan ?

betul sekali....mungkin untuk pembelian kapasitas kecil kami bisa lakukan,namun untuk kapasitas besar dan pembelian rutin kadang-kadang kami berlakukan kebijakan pembayaran dalam 2 tahap pembayaran,inilah yang dimanfaatkan oleh oknum pembeli yang tidak bertanggung jawab. sehingga dari awal tahun 2011 kami mulai memberlakukan pengetatan dalam hal pembayaran terutama untuk Distributor distributor baru.

2. Penipuan Pembelian Batik secara Eceran 

Penipuan ini yang paling banyak kami Alami, pembelian eceran yang dimaksud adalah pembelian sample.
awalnya kami tidak terlalu dipusingkan dengan masalah ini...toh secara nominal tidak terlalu besar. tapi lambat laun kejadiannya semakin sering, setelah kami cek pembayarannya ternyata tidak masuk.
setelah kami pelajari pelajari ternyata ada modus pelaku yang berhasil "menipu" kami melakukan hal serupa lagi pada kami tentunya menggunakan nama,alamat dan no telepon yang berbeda.tempat tidak sama tapi daerah lokasi sama.

Untuk itulah mulai awal tahun 2011 kami mulai menerapkan sistem pembayaran yang lebih ketat, namun sebenarnya dengan diberlakukan sistem tersebut kamipun agak "tidak enak hati" dengan Customer Loyal kami, misalnya malam ini ada customer batik kami berkomentar : kok sekarang seperti ini ya ? apa sudah ga percaya lagi ama saya, sudah sering melakukan pembelian dari dulu dan ga bermasalah...kenapa?

walaupun kami jelaskan panjang lebar dan Customer kami tersebut menerima tapi tetap saja dihati kami ada rasa 'engga enak" juga sebenarnya. sedangkan untuk memilah-milah Customer yang "baik" terus terang kami kesulitan karena setiap hari jumlah customer kami terus bertambah.
Bisnis memang kepercayaan dan kami masih terus berusaha mengolah sistem yang terbaik bagi semua.

Mohon maaf pada semua Distributor,Reseller dan member Batik Rumah Kayla bila sistem ini sedikit membuat kurang berkenan dan sekaligus kami mengingatkan juga untuk selalu berhati-hati dalam melakukan Transaksi Bisnis.

Semoga Sukses.....

Bila ada masukan dan tanggapan silahkan komentar disini




  
 
HTML Comment Box is loading comments...
  

 

>
> jasa seo

Jasa website